-->

Cara Menjadi Freelancer - #2 Signup

Hello Assalamu 'alaikum bro bro semua, mari kita lanjutkan perjalanan kita menjadi seorang freelancer. Di artikel sebelumnya kita sudah membahas soal Tahap Pertama menjadi Freelancer, sekarang kita akan masuk ketahap berikutnya yaitu SIGNUP atau mulai bergabung dengan dunia Freelancer, yuk disimak.



Sebelum kita lajut, apakah bro bro semua sudah mempersiapkan alat tempurnya ? hoho , jika belum bisa baca artikel sebelumnya yaaa.


Sebenernya ada banyak bidang yang tersedia di dunia freelancer ini , tapi kali ini kita akan membahas soal menjadi Designer Freelancer yaaa , buat yang belum tau apa itu designer bisa baca di artikel yang akan saya update. Agar mudah di fahami kita bagi menjadi 4 jenis freelancer ya bro bro, untuk jenisnya apa saja dan penjelasannya seperti apa mari kita simak :



Kontes Design

Di situs ini kita akan mengikuti kontes gitu bro bro, jadi kita bersaing dengan seluruh designer yang ada di seluruh jagat alam semesta ini haha , tapi ini serius yaaa kita bakalan bersaing dengan seluruh designer dunia , mulai dari yang biasa aja sampe yang spesial *yang spesial biasanya karetnya dua, kita bisa berpartisipasi di situs berikut :
       

          1. Freelancer.com  : Disni semua kontes apa aja tersedia , mulai dari logo,banner,web,dll.

          2. 99Designs.com : Kalau disini biasanya Logo, Branding, dan Product Design.

          3. Topcoder.com   : Naah kalau disini lebih specific yaitu Ui/Ux , apa itu ? nanti kita jabarkan.

          4. Ada banyak situs lainya , buat yang tau boleh komen yaa :D atau bisa lihat di next artikel.



Microstock

Apa itu Microstock ? Mari kita simak, jadi nantinya disini kita akan menjual hasil karya kita , lebih tepatnya hasil design kita dan bisa menghasilkan EZ Dollar *ngga Ez Ez banget sih* Terus apa aja yang bisa kita jual ? dan dimana ? kuy kita liat di situs berikut :

          1. Shutterstock.com : Ini adalah situs Microstock paling popular saat ini , tapi sayangnya untuk bisa berpartisipasi kita harus memiliki Paspor , iyaaa Paspor, ituuu lhoo kalu mau travel ke luar angkasa hehe, keluar negri maksudnya XD

          2. Iconfinder.com : Disini bro bro bisa menjual Icon dan menghasilkan Dollar tentunya

          3. Stock.adobe.com : Setau saya disini bro bro bisa menjual hasil foto, art dan lainnya.

          4. Ada banyak situs lainya , buat yang tau boleh komen yaa :D atau bisa lihat di next artikel.



Marketplace

Sebenernya ini masih sama dengan Microstock, bedanya disini bro bro semua bisa menentukan harga sesuai keinginan, dan juga bisa menjual Template Blog, Wordpress, Music , Sound Effect dan lainnya.

          1. Creativemarket.com : Disini nih tempat yang paling asiqueee , karena bisa menjual Template  Blog, Karya Design , bahkan Music dan Soundeffect.

          2. Graphicriver.com : Kalo ini bro bro bisa menjual Fonts, logos, icons dll.

          3. Myfonts.com      : Diliat dari judulnya udah ketauan bukan ? :v



Portofolio

Portofolio ini lebih tepatnya bukan tempat jualan ataupun kontes yaa , tapi disini kita menunjukan hasil karya terbaik kita kepada sesama designer ataupun kepada client nantinya , saya sendiri pun mempunyai portofolio Online , bisa di check PORTOFOLIO SAYA DISINI haha sedikit promo, oke langsung saja yaa bro bro disimak : 

          1. Dribbble.com : Naah disini adalah situs portofolio untuk para designer , dan menurut saya ini adalah tempat berkumpulnya semua designer dunia , seperti Google Design Team, Uber Team, bahkan Traveloka pun mempunyai Design team di dribbble lhoo. Tapi disini itu ngga sembarang orang bisa upload karyanya , perlu invitation dari user yang memang sudah berpengalaman disitus ini , lhaa terus cara join dribbble gimana? kita akan bahas di artikel berikutnya.

          2. Behance.net : sama seperti dribbble , disini juga tempat share portofolio , tapi menurut saya masih bagus dribbble hehe.




Nah itulah jalur jalur kita untuk menjadi seorang freelancer dan bisa mendapatkan dollar, nah buat temen silahkan melihat-lihat terlebih dahulu situs yang disarankan di atas, tapi jangan cuman dilihat yaaaa , ikut daftar jugaaaa hehe.

Note : Situs di atas bukan sembarang situs hehe , semua situs ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa kerabat juga , jadi buat bro bro mau diskusi tentang kehidupan freelancer secara japri atau jalur pribadi, bisa langsung hubungi saya di bagian kontak :D


Untuk artikel kali saya cukupkan ,
Wassalamu 'alaikum dan semoga bermanfaat dan salam Freelancer :D  #Freelancerlife.



Cara Menjadi Freelancer - #2 Signup Cara Menjadi Freelancer - #2 Signup Reviewed by Farhan Fauzan on 02:58 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.